Langsung ke konten utama

LATIHAN SOAL HIMPUNAN


LATIHAN SOAL HIMPUNAN

A.  Pilihlah jawaban berikut dengan benar!
1.    Perhatikan himpunan dibawah ini!
A = {Bilangan prima kurang dari 6 }
B = {x | 1 x < 7, x bilangan ganjil}
C = {2,3,5}
D = {3,5}
Pasangan himpunan yang ekuivalen adalah.....
a.     A dan B
b.    A dan C
c.     B dan D
d.    C dan B
2.    Notasi pembentuk himpunan dari himpunan A = {2, 3, 5, 7} dapat dinotasikan juga dengan.....
a.     A = { x | x < 10, x bilangan prima}
b.    A = { x | x < 10, x bilangan asli}
c.     A = { x | x < 7, x bilangan ganjil}
d.    A = { x | x 10, x bilangan positif}
3.    Diketahui
A = {1, 3, 5, 7, 9}
B = {2, 3, 7, 9}
C = {faktor dari 9}
D = {1,5,7,9}
Perhatikan pernyataan berikut:
1.    B A
2.    C A
3.    D A
4.    D C  
Manakah dari pernyataan diatas yang benar....
a.     1 dan 2
b.    2 dan 3
c.     3 dan 4
d.    1 dan 4
4.    Diketahui A = {5,6,7} dan B = {7,8}, maka A B adalah....
a.     {7}
b.    {5,6,8}
c.     {5,6,7,8}
d.    {}
5.    Diketahui P = { a,b,c,d} dan Q = { a,b,d}, maka n(P Q) adalah......
a.     2
b.    3
c.     4
d.    6
6.    Diketahui M = { x | x < 6, x bilangan asli} dan Y = { x | -1 x 5, x bilangan bulat}, maka anggota (XY) adalah....
a.     {-1,0,1,2,3,4,5}
b.    {0,1,2,3,4,5}
c.     {1,2,3,4,5}
d.    {1,2,3,4,5,6}
7.    Jika n(A) = 20, n(B) = 12 dan n(AB) = 7, maka nilai n(A B) adalah.....
a.     32
b.    25
c.     15
d.    20
8.    Diketahui himpunan H = { x | x < 10, x bilangan ganjil}, banyaknya himpunan bagian dari himpunan H adalah....
a.     5
b.    10
c.     22
d.    32
9.    Jika S = {0,1,2,...,10} dan A = {3,4,7,9,10}, maka A adalah.....
a.     {0,1,2,5,6,8}
b.    {0,1,2,5,7,8}
c.     {0,1,3,6,8,9}
d.    {2,4,6,8,9}
10.         Dikeahui
A = {10,11,12,13}
B = {bilangan cacah antara 10 dan 15}
C = {x | 8 x 12, x anggota bilangan asli}
Maka A – (BC) dan A -  (BC) adalah.....
a.     {11,12} dan {10,11,12,13}
b.    {11,12} dan {8,9,14}
c.     {10,13} dan {10,11,12,13}
d.    {10,13} dan {}

B.   Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Diketahui
S = {0,1,2,...,20}
A = {3,4,5,7,9}
B = {7,9,12,14,16}
Tentukan:
a.     AB
b.    AB
c.     A
d.    B
e.     (AB)
f.      (AB)
2. Di kelas VII A terdapat 30 siswa. Setelah diwawancarai terdapat 7 orang suka Matematika, 9 orang suka Bahasa Indonesia, dan 5 orang suka keduanya. Tentukan banyak siswa yang tidak menyukai keduanya!
3. Sebuah kelompok penggemar fil terdiri dari 50 orang. Dalam kelompok tersebut diketahui 20 orang suka film horor, 32 orang suka film romantic. Jika 5 orang tidak menyukai kedua film tersebut, tentukan:
a. Orang menyukai kedua film tersebut
b. Orang yang menyukai film horor
c. Orang yang menyukai film romantic
4. Sebuah kelas terdiri atas 40 siswa. Diketahui 4 siswa tidak menyukai mbernyanyi maupun berenang. Perbandingan antara banyak siswa yang menyukai bernyanyi, berenang, dan bernyanyi sekaligus berenang adalaah 3 : 2 : 1. Tentukan :
a. Siswa yang menyukai bernyanyi
b. Siswa yang menukai berenang
c. Siswa yang menyukai bernyanyi sekaligus bernenang
5. Warga RT 18 di Desa Bangah terdapat 20 anak perempuan yang berusia kurang dari 5 tahun dan 15 anak laki-laki yang berusia sama. Jika di Desa Bangah tersebut terdapat 50 warga, maka gambarkan diagram venn yang sesuai!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMFAKTORAN BENTUK ALJABAR

PEMFAKTORAN BENTUK ALJABAR 1.     Suku-Suku dengan Faktor yang Sama ax + ay = a(x + y) Contoh: ·        3x + 6y = 3x + (3 x 2 )y = 3 (x + 2y)       => FPB 3 dan 6 adalah 3 ·        4x ² + 12x = 4x (x +3)     => FPB dari 4x ² dan 12 x adalah 4x 2.     Selisih Bentuk Kuadrat x ² - y² = (x + y)(x – y) Contoh: 4x ² - 25y² = (2x)² - (5y)² = (2x + 5y) (2x – 5y) 3.     Pemfaktoran Bentuk x ² + bx + c x ² + bx + c = (x + p) (x + q) dengan syarat: p x q = c p + q = b Contoh: ·        x ² + 5x + 6 Misalkan dipilih p = 2 dan q = 3, maka p x q = 2 x 3 = 6 p + q = 2 + 3 = 5, jadi p = 2 dan q = 3 yang dipilih benar. sehingga x ² + 5x + 6 = (x + 2) (x + 3) ·        x ² - 7x + 12 Misalkan dipilih p = -3 dan q = -4, maka p x q = -3 x -4 = 12 p + q = -3 + (-4) = -7, jadi p dan q yang dipilih benar. Sehingga x ² - 7x + 12 = (x – 3) (x – 4) 4.     Pemfaktoran Bentuk ax ² + bx + c  

PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN

PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN      PERKALIAN               Perkalian pecahan biasa dapat dilakukan dengan mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut.     PEMBAGIAN Membagi suatu bilangan dengan pecahan sama artinya dengan mengalikan bilangan dengan kebalikan dari pecahan tersebut.   Apabila dalam perkalian atau pembagian bilangan pecahan terdapat berbagai bentuk pecahan dalam satu soal maka sebaiknya pecahan-pecahan tersebut disamakan menjadi satu bentuk seperti pecahan biasa semua, desimal semua, dll . Setelah semua bentuk sama, maka dilakukan perkalian atau pembagian. CONTOH LATIHAN SOAL

LATIHAN SOAL PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV & PtLSV)

LATIHAN SOAL PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV & PtLSV) A.   Pilihlah jawaban berikut dengan benar! 1.       Dina mempunyai bolpoin x buah. Rani mempunyai bolpoin 5 lebihnya dari Dina. Sedangkan Anggi mempunyai bolpoin 3 kurangnya bolpoin Dina. Jika jumlah bolpoin mereka 25 buah, model matematika yang benar adalah...... a.      3x – 2 = 25 b.     3x + 2 = 25 c.      4x – 2 = 25 d.     4x + 2 = 25 2.     Nilai x yang memnuhi ½ (x – 3) = 3/5 x - 4 adalah....... a.      5 b.     15 c.      25 d.     35 3.     Sebuah persegi panjang mempunyai ukuran panjang (4x – 2)cm dan lebar (x + 3)cm. Jika keliling perssegi panjang 10 cm, maka ukuran panjang dan lebarnya adalah..... a.      5 cm dan 4 cm   b.     5 cm dan 6 cm   c.      4 cm dan 5 cm   d.     6 cm dan 5 cm   4.     Jika x adalah penyelesaian dari persamaan -8x – 5 = -4x + 3, maka nilai dari 3x + 2 adalah......... a.      4 b.     -4 c.      6 d.     -6 5.     Nila